Tips Mudik Bersama Si Kecil agar Tetap Aman, Nyaman, & Lancar

May 29, 2019

News, JAKARTA - Pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri telah menjadi tradisi di Indonesia, tak jarang para orang tua membawa anaknya dalam perjalanan mudik.

Sebelum melakukan perjalanan, Anda tentu perlu mempersiapkan segala keperluan sebaik mungkin agar perjalanan jauh bersama keluarga tetap aman, nyaman, dan lancar, terlebih jika membawa si kecil dalam perjalanan.

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat diperhatikan orang tua agar perjalan mudik dengan si kecil tetap nyaman. Dikutip pada Rabu (29/5/2019), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membagikan tipsnya untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalan mudik dengan si buah hati.


1.Persiapkan kondisi kendaraan
Sebelum mudik  harus mengecek performa dan kondisi kendaraan dengan teliti. Jangan sampai saat mudik mobil mogok sehingga membuat anak-anak tidak nyaman. Persiapkan juga segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan.

2. Siapkan tas khusus perlengkapan anak
Untuk memudahkan bunda saat mengambil peralatan anak selama perjalanan, maka siapkan peralatan anak seperti tissue basah, baju ganti, mainan, dan cemilan anak pada tas terpisah. Simpan keperluan anak saat perjalanan pada tas berukuran sedang sehingga dapat ditempatkan di dekat tempat duduk bunda.

3. Gunakan car seat atau tempatkan anak di kursi bagian tengah
Untuk keselamatan dan kenyamanan anak maka tempatkan anak di kursi bagian tengah. Jangan tempatkan anak di kursi bagian depan karena anak-anak akan mudah bosan sehingga dapat mengganggu konsentrasi pengemudi dan membahayakan keselamatan penumpang. Sebaiknya gunakan car seat jika anak masih berusia di bawah 2 tahun, sehingga anak pun akan merasa lebih nyaman saat duduk di mobil.

4. Persiapkan makanan dan cemilan kesukaan si kecil.
Saat menempuh perjalanan jauh, makanan dan cemilan kesukaan si kecil adalah checklist wajib yang harus dibawa. Jika perut anak kenyang, maka anak akan tidak mudah rewel. Membawa makanan kesukaan anak sendiri juga pasti lebih higienis dan gizi terjaga dibandingkan membeli cemilan saat perjalanan.

5. Persiapkan buku, lagu-lagu, dan mainan edukatif
Saat mudik, anak-anak pasti akan merasa bosan apalagi jika belum terbiasa melakukan perjalanan jauh. Siapkan buku, lagu-lagu dan mainan edukatif untuk anak agar tidak merasa bosan. Jangan biasakan memberi gadget handphone jika anak bosan karena akan memberikan dampak negatif pada perkembangan otak anak.   

6. Tandai rest area yang nyaman
Duduk berjam-jam selama perjalanan mudik pasti melelahkan. Sebelum perjalanan mudik buatlah catatat rest area yang nyaman selama perjalanan sehingga ayah bunda tidak perlu bingung jika ingin beristirahat/beribadah. Anak-anak juga dapat berlari-lari di rest area sehingga bisa menyalurkan energi mereka.

7. Membawa peralatan P3K
JIka berpergian jauh dengan anak-anak jangan lupa siapkan obat-obatan untuk anak. Obat-obatan yang dapat dibawa seperti obat penurun panas, plester luka, obat anti mabok perjalanan, dan juga vitamin untuk menjaga imunitas anak saat kelelahan. Selain itu siapkan juga obat P3K untuk dewasa seperti obat pusing, diare, obat anti mabok dan vitamin sehingga kondisi tetap fit selama mudik.

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 : Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M Arief, Maria Elena, Reni Lestari


Related Articles